Hal yang Harus Diperhatikan Saat Minum Susu Kedelai

Sahabat semua, susu kedelai merupakan minuman yang baik untuk kesehatan. Kandungannya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, dalam mengkonsumsi sesuatu baik makanan ataupun minuman, tentunya harus dalam batas wajar ya sobat. Konsumsi susu kedelai yang salah justru dapat berbahaya bagi tubuh, jadi hati-hati ya..
 
Oleh karena itu, agar susu kedelai bisa kita ambil manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu sobat simak nih. Berikut ulasannya yang dikutip dari goodyfeed :

1. Hindari susu kedelai mentah
Susu kedelai mentah dapat merugikan kesehatan seseorang. Inilah alasannya kita lebih baik membuat susu kedelai sendiri di rumah agar dapat sesuai keinginan, tujuannya juga supaya terjamin matang atau tidaknya dan tentu saja lebih higienis. Kacang kedelai memiliki kandungan penyebab mual dan menurunkan tingkat metabolisme tubuh.
Tanda-tanda susu kedelai masih mentah salah satunya berbau langu lebih tajam daripada rasanya. Memastikan susu kedelai mendidih pada suhu 100 derajat membuat zat-zat berbahaya di dalamnya menjadi hilang. Jadi, pastikan benar-benar susu kedelai yang Anda buat telah matang.

2. Minum susu kedelai bersama dengan obat tidak dianjurkan
Jangan pernah sekalipun Anda mengkonsumsi susu kedelai bersama dengan obat. Maksudnya dengan bantuan obat atau diminum beberapa menit setelah atau sebelum minum obat. Terutama obat antibiotik sebab bisa bekerja melawan nutrisi yang ada dalam susu kedelai.
Dalam jangka pendek dan kondisi tubuh normal mungkin Anda tidak akan mengalami hal yang serius, tapi jika mengakibatkan komplikasi segera periksakan diri ke dokter.

3. Hindari meletakkan susu dalam botol tahan panas
Jangan berpikir agar susu kedelai tetap hangat dalam waktu lama lalu Anda memasukkannya ke dalam botol tahan panas. Hal itu justru berbahaya sebab nutrisi susu kedelai dapat berubah ketika berada dalam botol tahan panas. Di bawah suhu yang tepat, bakteri akan memakan nutrisi susu kedelai dan menjadikannya zat beracun.

4. Dilarang mencampur telur mentah dalam susu kedelai
Telur mentah mengandung alergen dan bakteri, itulah alasannya kenapa tidak boleh mencampur telur mentah ke dalam susu kedelai. Suhu susu kedelai baik itu panas ataupun dingin tidak cukup untuk membuat telur mentah menjadi masak dan terhindar dari bakteri sehingga aman dikonsumsi. Jika ingin mengkonsumsi telur dengan susu kedelai, sebaiknya dimasak sendiri agar matang.

5. Jangan konsumsi susu kedelai berlebihan
Tips terakhir tentu saja, jangan mengkonsumsi susu kedelai dalam jumlah berlebihan karena bisa menyebabkan sesuatu yang buruk bagi kesehatan Anda. Minum susu terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan, mual dan perut kembung. Protein dalam susu kedelai yang diinginkan berubah menjadi kalori sehingga tidak tercapai tujuan utama minum susu kedelai. Satu sampai dua gelas perhari merupakan batas aman untuk mengkonsumsi susu kedelai.

Demikian beberapa hal yang perlu dihindari saat mengkonsumsi susu kedelai.  Sebenarnya tidak hanya susu kedelai, mengkonsumsi apapun jika tidak sesuai aturan atau bahkan berlebihan maka tidak baik untuk kesehatan.
(fauziya/muslimahzone.com)

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar