Sejarah Alkamil



Pusat Kegiatan Aliansi Keluarga Mahasiswa Islam, yang disingkat dengan PK Alkamil, merupakan bentuk baru dari organisasi keislaman sebelumnya di FMIPA Universitas Riau. Organisasi tersebut adalah Badan Kerohanian Mahasiswa Islam (BKMI).

Kegiatan keislaman mulai marak di kampus Universitas Riau sekitar akhir tahun 1980-an. Motor penggerak tingkat universitas tersebut adalah LDK Al Karima, yang kemudian pada tahun 1995 berubah nama menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKM ROHIS) dan sekarang berubah lagi menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar-Royyan (UKMI Ar-Royyan).

Seiring perkembangan waktu dan dirasa perlu adanya perpanjangan fungsi dan peran UKM ROHIS di fakultas, maka tidak lama kemudian secara bertahap dibentuk ROHIS-ROHIS tingkat fakultas.

Sebelum BKMI terbentuk, yang bertanggung jawab terhadap kegiatan keislaman di FMIPA adalah Sie Kerohanian Islam dalam struktur Senat Mahasiswa Fakultas (1995). Melihat perkembangan yang ada, dari Sie Kerohanian Islam tersebut dibentuk suatu LSO (Lembaga Semi Otonom) untuk ruang lingkup kegiatan keislaman, yang dinamakan BKMI (sekitar tahun 1996). Mulai tahun 1996-lah, kepengurusan BKMI mulai berjalan.

Roda organisasi BKMI berputar selama 3 periode. Pada tahun 1999, BKMI berganti nama menjadi Pusat Kegiatan Alkamil. Perubahan ini dilatarbelakangi oleh perubahan fungsi, peran dan sistem organisasi, yang bertujuan agar lebih optimal dalam mempertahankan eksistensi keorganisasian dan dakwah. Kondisi percaturan organisasi-organisasi intern dan ekstern kampus juga memberikan andil dalam perubahan ini, terutama masuknya pengaruh organisasi-organisasi ekstern kampus yang muatannya tidak sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dan alhamdulillah, Pusat Kegiatan Alkamil masih berada dalam khittan semula. Sampai saat ini, Pusat Kegiatan Alkamil telah berjalan selama 4 periode.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar